PENGENAAN BEA MATERAI UNTUK TRANSAKSI EFEK – BNI Sekuritas
 In uncategorized

Bapak/Ibu yang terhormat,

Kami informasikan bahwa merujuk kepada ketentuan peraturan perundang-undangan terbaru mengenai Bea Meterai, disebutkan bahwa dokumen transaksi surat berharga merupakan salah satu objek pengenaan bea meterai. Berkaitan dengan transaksi yang dilakukan di bursa, maka dokumen yang berkaitan dengan proses transaksi tersebut adalah Trade Confirmation. Dalam hal ini, pihak terutang yang dikenakan pembebanan bea meterai adalah investor sebagai penerima dokumen.

Selanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.03/2021 Tahun 2021, Trade Confirmation yang diterbitkan melalui surat elektornik (e-mail) sebagai dokumen elektronik merupakan objek pengenaan bea meterai sebesar Rp10.000,- yang berlaku hanya untuk nilai transaksi efek di atas Rp10.000.000,- (gross, tidak termasuk brokerage fee dan levy), per dokumen pembeliannya atau per penerbitan Trade Confirmation.

Sebagai informasi, PT BNI Sekuritas telah ditetapkan oleh Dirjen Pajak sebagai Pemungut Bea Meterai memalui Surat Penetapan Sebagai Pemungut Bea Meterai Nomor S-52/PBM/PJ/2022 tanggal 22 Februari 2022, sehingga kami memiliki kewajiban pemungutan, penyetoran, dan pelaporan bea meterai elektronik terhitung sejak tanggal 1 Maret 2022. Oleh karena itu, terhitung mulai 1 Maret 2022, setiap Trade Confirmation yang terhutang bea meterai akan kami bubuhi dengan meterai elektronik senilai Rp. 10.000,- yang biayanya menjadi beban nasabah.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, kami persilahkan menghubungi Customer Care di nomor telepon 14016, atau email customercare@bnisekuritas.co.id atau Live Chat di website www.bnisekuritas.co.id.

Salam

PT BNI Sekuritas